Langsung ke konten utama

KUMPULAN SOAL KEJURUAN MULTIMEDIA

BAB 1 ANIMASI

1. Film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar
tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak disebut
dengan ….
a. Film bergerak d. Film animasi
b. Film kartun e. Film flash
c. Film effect

2. Definisi dari animasi adalah ….
a. Menghidupkan
b. Menggerakkan benda hidup
c. Memberikan kehidupan
d. Jiwa benda mati
e. Benda mati yang hidup

3. Di era perkembangan animasi di buat film kartun yang
merupakan film animasi pertama kali didunia, apa judul
film tersebut……
a. Donal bebek d. Tom and jerry
b. Unyil e. Gatot kaca
c. Mickey mouse

4. Salah satu Animasi tertua yang ada di Indonesia
adalah….
a. Jatilan d. Ketoprak
b. Kuda lumping e. Unyil
c. Wayang

5. Pada 12 prinsip dasar animasi, manakah yang digunakan
untuk mengatur kepadatan gambar ….
a. Squash and stretch d. Timing and spacing
b. Anticipation e. Slow in and slow out
c. Arcs

6. Pada 12 prinsip dasar animasi, manakah yang digunakan
untuk menggambar frame by frame ….
a. Secondary action d. Staging
b. Anticipation e. Appeal
c. Straight ahead and pose to pose

7. Pengertian animasi pada dasarnya adalah ….
a. Menggerakkan objek agar tampak lebih hidup
b. Menggerakkan objek agar tampak lebih cantik
c. Menggerakkan objek agar tampak lebih dinamis
d. Menggerakkan objek agar tampak lebih seni
e. Menggerakkan objek agar tampak lebih indah

8. Berapa satuan frame per detik dalam format PAL ….
a. 27 b. 25 c. 30
d. 29.7 e. 12

9. Proses membuat objek yang asalnya suatu benda mati
secara berurutan dalam posisi yang berbeda seolah-olah
hidup adalah definisi dari ….
a. Animasi d. Animasi pendek
b. Film animasi e. Kartun
c. Kartun animasi

10. Asal kata animasi berasal dari bahasa Inggris yakni ….
a. Animat d. Animation
b. Animate e. Animats
c. Animates

11. Berapa satuan frame per detik dalam format NTSC ….
a. 27 b. 25 c. 30 
d.29.7 e. 12

12. Animasi dulunya sangat sederhana, namun sekarang
telah berkembang menjadi beberapa jenis, yaitu ….
A. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi 4D
B. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi klay
C. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi clay
D. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi kartun
E. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi murni

13. Proses perubahan bentuk yang ditampilkan dalam
kurun waktu tertentu disebut ....
a. Gambar d. Boneka
b. Animasi e. Kartun
c. Cetakan

14. Animasi yang dihasilkan dari pengambilan sebuah
objek disebut animasi ...
a. Stop Motion d. Komputer
b. Tradisional e. Klip
c. Modern

15. Berikut ini yang merupakan contoh animasi perubahan
bentuk adalah ....
a. Kotak menjadi kecil
b. Lingkaran menjadi persegi
c. Merah menjadi putih
d. Kotak menjadi besar
e. Besar menjadi sedang

16. Berikut ini yang merupakan jenis animasi
menggunakan gambar cell adalah ....
a. Stop Motion d. Komputer
b. Tradisional e. Foto
c. Modern

17. Animasi 2D, atau yang biasa disebut film kartun.
Kartun sendiri berasal dari kata cartoon yang artinya ....
a. Gambar yang lucu
b. Gambar yang unik
c. Gambar yang dinamis
d. Gambar yang unik dan dinamis
e. Gambar yang lucu dan dinamis

18. Sebuah gerakan objek maupun teks yang diatur
sedemikian rupa sehingga kelihatan hidup adalah….
a. Properties d. Time line
b. Action script e. Animation
c. Frame

19. Software animasi yang digunakan untuk membuat
animasi tradisional adalah ...
a. 2D d. 3D
b. Komputer e. Flash
c. Photoshop

20. Berikut ini yang merupakan contoh software animasi
2D adalah ...
a. Adobe Flash d. Poser
b. Blender e. Maya
c. Vue

BAB 2 TATA CAHAYA & TV PRODUCTION

1. Fotografi berasal dari bahasa Yunani,photos artinya

a. Banyak
b. Gambar
c. Cahaya
d. Alat
e. Sinar

2. Bentuk menyerupai corong, biasanya digunakan
pada pemotretan studio/indoor adalah ….
a. Payung Reflector
b. Snoot
c. Honeycomb
d. Standard Reflector
e. Flash

3. Yang termasuk jenis utama mode kamera adalah ….
a. Shutter
b. Aperture
c. Depth
d. Speed
e. Manual

4. Perbedaan Tripod dan Monopod terletak pada ….
a. Hasil Gambarnya
b. Fokusnya
c. Penggunaannya
d. Pencahayaannya
e. Jumlah kaki penyangganya

5. Aksesoris tambahan yang akan menambah
ketajaman hasil foto adalah ….
a. Vertical Grip
b. Shutter Release
c. Filter
d. Flash Eksternal
e. Grib

6. Kata lain dari alat sensor adalah ….
a. Flash
b. Reflector
c. Kabel Sinko
d. Slave Unit
e. Holder

7. Alat yang berfungsi menghilangkan cahaya yang
tidak diinginkan masuk kedalam lensa karena
cahaya tersebut biasanya dapat menyebabkan flare
pada hasil pemotretan adalah ….
a. Filter
b. Snoot
c. Blitz
d. Hood
e. Tutup Lensa

8. Berikut ini merupakan komposisi dalam fotografi,
kecuali....
a. Titik
b. Garis
c. Wujud
d. Bentuk
e. Bidang

9. Jenis shot foto yang menampilkan obyek dari batas
kepala sampai dada atas disebut ....
a. Full Shot
b. Medium Shot
c. Close Up
d. Big Close Up
e. Extreme Close Up

10. Jenis foto yang diambil secara sembunyi sembunyi
disebut ....
a. Foto Human Interest
b. Foto Candid
c. Foto Essay
d. Foto Jurnalistik
e. Foto Landscape

11. Jenis shot foto yang menampilkan obyek secara utuh
disebut ....
a. Full Shot
b. Medium Shot
c. Close Up
d. Big Close Up
e. Extreme Close Up

12. Jenis shot foto yang hanya menampilkan sebagian
obyek, misalnya mata, hidung, dll disebut ....
a. Long Shot
b. Medium Shot
c. Medium Close Up
d. Big Close Up
e. Extreme Close Up

13. Jenis gambar yang disimpan dikamera digital
dihitung berdasarkan jumlah ….
a. Tekstur
b. Pixel
c. Gelombang
d. Cahaya
e. Bit

14. Sudut pandang atau sudut pemotretan disebut ....
a. Angel Demon
b. Long Shot
c. Angel of View
d. Depth of Field
e. Frog Eye

15. Semakin besar angka shutter speed semakin cepat
waktu yang digunakan dalam membuka dan
menutupnya lensa kamera. Hal ini akan
menimbulkan efek foto ….
a. Freeze
b. Gerak
c. Slow Motion
d. Panning
e. Zomming

16. Stabilizer biasanya terletak pada lensa yang ada ….
a. Tombol Display
b. Anti Red Eye
c. Tumb Wheel
d. Autofocus
e. Monitor LCD

17. Semakin tinggi ISO yang kita gunakan akan
mengakibatkan ....
a. Kepekaan kamera terhadap cahaya semakin
besar atau peka
b. Kepekaan kamera terhadap cahaya kurang
c. Kamera yang kita gunakan membutuhkan lampu
blitz
d. Foto yang dihasilkan menjadi terlalu gelap
e. Foto yang dihasilkan menjadi tidak tajam

18. Lamanya waktu yang diperlukan lensa untuk
menangkap cahaya atau gambar disebut ….
a. Shutter speed
b. Apenture
c. Shot
d. Banwidth
e. Speedy

19. Fotografi menjadi berguna dalam bidang kedokteran
sejak ditemukan ….
a. Sinai ultravioilet
b. Sinai-X
c. Sinar pelangi
d. Sinar Infra red
e. Sinar mentari

20. Untuk menciptakan foto dengan efek panning slow
action pada cuaca sore hari antara pukul 16:00
sampai 17:00 sebaiknya kita menggunakan shutter
speed ….
a. 5 – 15
b. 15 – 30
c. 80 – 100
d. 125 – 160
e. 250 – 300

21. CUT AWAY SHOT digunakan dalam pembuatan film
dokumenter sebagai:
A. Cara untuk memperpendek/ mempersingkat
suatu proses sebuah peristiwa ataupun penuturan
agar tidak berkesan meloncat
B. Cara untuk menjadikan film lebih seru
C. Cara untuk membuat film menjadi lebih pendek
D. Cara-cara yang digunakan oleh para sutradara film
dokumenter agar mudah diedit
E. Cara untuk membuat gambar lebih dramatis

22. Dalam sebuah skenario, sebuah SCENE yang baik,
ditandai dengan adanya:
A. Adegan yang romantis
B. Adegan atau dialog yang mampu
membangkitkan emosi pemirsa
C. Adegan yang membuat penonton tertawa
D. Adanya dialog-dialog yang simple
E. Adanya adegan yang selalu tegang

23. Tugas utama seorang Program Director (PD) atau
Pengarah Acara (Sutradara) di lapangan adalah:
A. Mengatur jadwal shooting
B. Mengurus perizinan shooting
C. Memimpin & mengarahkan pengambilan
gambar
D. Menyediakan biaya pembuatan acara
E. Menyelenggarakan acara & menyiapkan
transportasi

24. Sebuah film dapat dinilai dari segi TEKNIS (yang
menunjukkan kemampuan penggunaan peralatan dan
rekayasa) dan segi ESTETIS-nya (yang menunjukkan
kemampuan mewujudkan keindahan-keindahan
cerita). Dari unsur-unsur dibawah ini, manakah yang
termasuk dalam kategori TEKNIS:
A. Kemampuan akting para pemain
B. Ilustrasi musik yang romnatis
C. Tingkat kesulitan adegan dan visual effect
D. Keindahan lokasi syuting
E. Alur cerita dan skenario yang menarik

25. Jika kita menyaksikan sebuah film cerita, selalu
terdapat premis di dalamnya. Dalam hal tersebut,
apakah essensi dari premis pada sebuah film?
A. Berisikan kaidah-kaidah sinematografi
B. Bertujuan menambah nilai dramatik
C. Sebagai informasi tambahan, agar cerita lebih
menarik
D. Menyampaikan ringkasan cerita
E. Menyampaikan pesan moral & nilai kebijakan

26. Ada bermacam-macam efek transisi yang bisa dipakai
dalam mengedit sebuah video. Yang lazim digunakan
adalah cut to cut, dissolve, superimposed dan fade infade
out. Seperti apakah efek transisi dari cut to cut
A. Gambar pertama langsung disambung dengan
gambar berikutnya
B. Gambar pertama semakin mengabur sementara
gambar kedua sudah mulai muncul
C. Gambar pertama ditindih dengan gambar
berikutnya dan terlihat bersamaan
D. Akhir dari gambar pertama sudah mulai gelap
beberapa saat kemudian gambar kedua muncul dari
remang-remang menjadi semakin jelas
E. Gambar kedua keluar dari atas menutupi gambar
pertama

27. Ada 4 jenis pokok penyambungan gambar yang
digunakan untuk transisi yaitu?
A. Cut to cut, Dissolve, Superimposed, Fade inFade
out
B. Dissolve, Fade in-Fade out, Wipe, Mosaic
C. Superimposed, Fade in-Fade out, Wipe, Dissolve
D. Wipe, Mosaic, Dissolve, Fade in-Fade out
E. Cut to cut, Dissolve, Wipe, Mosaic

28. Untuk mentransfer atau mengcapture hasil gambar dari
mini DV ke komputer dengan menggunakan konektor
dapat dilakukan melalui kabel?
A. Kabel LAN
B. Kabel USB
C. Kabel Power
D. Kabel Firewire
E. Kabel Data

BAB 3 ETIMOLOGI MULTIMEDIA

1. Multimedia adalah kombinasi dari......
a. User, grafis, BIOS, dan suara
b. Teks, grafis, seni, suara, animasi, dan
video
c. Suara, animasi, blog, banner, dan CMOS
d. Natrium klorida, NaCl, H2O dan video
e. Semua benar

2. Sebuah struktur Multimedia dimana pengguna
bernavigasi sesuai urutan dari 1 frame atau bite
informasi ke yang lainnya disebut.......
a. Bentuk non linier
b. Bentuk vector
c. Bentuk aljabar
d. Bentuk linier
e. Bentuk logaritma

3. Struktur Multimedia dimana pengguna
bernavigasi secara bebas tidak dibatasi oleh rute
yang ditentukan disebut.....
a. Glade
b. Office
c. Non linier
d. Drive
e. User

4. Presentasi Multimedia dapat meliputi....
a. Judul multimedia
b. Piranti authoring
c. Non linier interaktif dan pasif
d. Desain dan produksi
e. Film dan cetak

5. Proyek Multimedia ketika dipublikasikan
disebut.....
a. Judul Multimedia
b. Kalimat Multimedia
c. Susunan Multimedia
d. Uraian Multimedia
e. Lokasi Multimedia

6. Multimedia yang pengguna akhir atau user dapat
mengotrol apa dan dalam hal apa urutan elemen
Multimedia dikirimkan, disebut....
a. Multimedia interaktif
b. Multimedia Programmer
c. Multimedia RPL
d. Multimedia Proyek
e. Multimedia LDR

7. Orang yang mengintegrasikan elemen bentuk
keseluruhan yang harus menggunakan sebuah
sistem Authoring, disebut.....
a. Multimedia interaktif
b. Multimedia Programmer
c. Multimedia RPL
d. Multimedia Proyek
e. Multimedia LDR

8. Sarana perangkat lunak pesan dan isi yang
dipresentasikan pada sebuah layar komputer atau
televisi disebut.....
a. Multimedia interaktif
b. Multimedia Programmer
c. Multimedia RPL
d. Multimedia Proyek
e. Multimedia LDR

9. Multimedia yang penggunaan dan pemrosesan
menggunakan beberapa media (text, audio,
graphics, animation, video, dan interactivity),
disebut....
a. Multimedia Content Production
b. Multimedia Ponten Nalurisation
c. Multimedia Communication
d. Mutlimedia Art Basic
e. Multimedia Shut Down

10. Multimedia yang menggunakan media (massa),
seperti televisi, radio, ceta, dan internet untuk
mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasik
an material advertising, publicity, entertainment,
news, education, disebut....
a. Multimedia Content Production
b. Multimedia Ponten Nalurisation
c. Multimedia Communication
d. Mutlimedia Art Basic
e. Multimedia Shut Down

11. Multimedia yang menggunakan Multimedia untuk
berbagai keperluan, mulai dari seni, untuk hiburan
untuk, seni komersial, disebut....
a. Media video
b. CT
c. Komersial
d. Industri kreatif
e. Inovation

12. Suatu bentuk komunikasi visual yang
menggunakan teks dan gambar untuk
menyampaikan informasi atau pesan, disebut....
a. Internet
b. Gagasan
c. Desain grafis
d. Media
e. Programmer

13. Multimedia mampu..., kecuali:
a. Mengubah cara berpakaian
b. Mengubah cara belanja
c. Mengubah tempat kerja
d. Mengubah cara berbisnis
e. Mengubah cara belajar

14. Media audio adalah media yang digunakan
untuk....
a. Promosi menggunakan gambar
b. Promosi menggunakan video
c. Promosi menggunakan suara
d. Promosi menggunakan animasi
e. Promosi menggunakan sepeda

15. Yang bukan manfaat dari multimedia adalah….
a. Komersial
b. Pendidikan
c. perairan
d. Perindustrian
e. Kesehatan

16. Dokter mengembangkan teknik untuk mencegah
penularan penyakit oleh virus dan bakteri. pernyataan
tersebut mengenai…..
a. Kesehatan
b. Pendidikan
c. perairan
d. Perindustrian
e. Kesehatan

17. Secara etimologi , multimedia diartikan sebagai
persekutuan alat dengan mana informasi disimpan,
dipresentasikan dan diterima. Pengertian tersebut
menurut….
a. Robert Webking
b. Michael Paulus
c. Steven Brontosaurus
d. Albert Nangking
e. James

18. Graph/image dapat di kerjakan atau diproses
dengan memakai program….
a. Adobe Photoshop
b. Adobe Premier
c. 3D max
d. Avira
e. Smadav

19. Pengambilan foto copy/dokumen yang
mengkorvesi ke dalam pornal digital, disebut….
a. kesehatan
b. perindustrian
c. Gambar dokumen
d. Teknik
e. Pendidikan

20. Media Video menggunakan program….
a. Adobe Audition
b. CorelDraw
c. Interactivity
d. Adobe Premier
e. Journalisme

21. Media teks menggunakan program….
a. Office
b. Cetak
c. premier
d. font
e. start

22. Hiburan Multimedia adalah aspek penting
dalam….
a. K3LH
b. Etimologi Multimedia
c. Merakit PC
d. Penginstalan
e. Proposal

23. Handphone adalah alat yang dipengaruhi dalam….
a. kemajuan jaman
b. tuntutan masa depan
c. etimologi multimedia
d. pentingnya perkembangan ilmu pengetahuan
teknologi
e. aspek globalisasi

24. Media animasi menggunakan program….
a. Adobe Audition
b. Adobe Flash
c. Interactivity
d. Adobe Premier
e. Journalisme

25. Media special effect menggunakan program….
a. Adobe Audition
b. Adobe Flash
c. Adobe After Effect
d. Adobe Premier
e. Journalisme

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warnet Simulator Versi Lama (UPDATE 20 Mei 2022!!)

 Warnet Simulator / Warnet Life Versi Lama Akhir - Akhir ini banyak orang request kalau minta warnet simulator yang versi lama mungkin karna tidak kuat untuk di versi baru, selain itu juga ada banyak faktor orang ingin bermain versi lama. sehingga disini akan kasih data warnet simulator yang versi lama mulai dari versi 1.8 sampai versi lama tapi tidak lama banget, sebelum pembaharuan, dengan tujuan untuk kalian yang ingin download warnet simulator yang baru silahkan langsung ke websitenya bang andy ya teman - teman. berikut adalah warnet simulator versi lama atau disebut old version :  Warnet Simulator v1.8 Warnet Simulator v1.9.1 Warnet Simulator v1.9.3 Warnet Simulator v1.9.3.1 Warnet Simulator v2.0 Warnet Simulator v2.0.1 Warnet Simulator v2.0.2 Warnet Simulator v2.1 Warnet Simulator v2.1.1 Warnet Simulator v2.2 Warnet Simulator v2.2.1 Warnet Simulator v2.2.2 Warnet Simulator v2.3 Warnet Simulator v2.3.1 Warnet Simulator v2.4 Warnet Simulator v2.4.1 Warnet Simulator v2.5 Warnet Simu

Instant Money Warnet Simulator (update!!) bisa untuk hp juga !

 Instant Money Warnet Simulator Instant Money Warnet Simulator adalah sebuah save save an data atau bisa bisa dibilang sebuah data yang disimpan di dalam game, save save an ini hanya berisikan uang in game yang sudah banyak, tidak termasuk untuk membangun sebuah warnet, dan seisinya. ya bisa dibilang masih polosan saja seperti awal main game hanya saja ini uangnya dari awal sudah banyak. Jadi intinya ini bukan cheat, melainkan hanya save data yang dapat kalian gunakan jika kalian memang bosan dari awal untuk ngumpulin uang in game atau ingin bereksperimen dengan sesuatu sehingga kalian menggunakan modal save save an ini ya teman-teman jadi jangan salah paham ya. Berikut ada 2 versi save data dimana masing masing beda beda nominal ada yang sedang ada yang lebih banyak, untuk yang Instant Money Warnet Simulator V1 ini berisikan uang in game sejumlah Lp2.000.750.000  dan sedangkan untuk Instant Money Warnet Simulator V2 ini berisikan uang ingame sejumlah Lp10.024.320.000. kalian bebas

TRIK BASKET ALIEN 12 POLA DI WARNET SIMULATOR V2.2.1 INDONESIA

                   Pro Player Basket Alien Warnet Simulator V.2.2.1 Dalam game Warnet Simulator ada permainan basket yang selalu digemari oleh semua orang, karna setiap update selalu berubah pola bagaimana cara melemparnya, sehingga perlu sering belajar agar mudah dan paham lokasi lokasi titik untuk memasukan bola basket tersebut ke keranjang basket. Tapi sekarang ada pembaharuan atau penantang baru yaitu alien basket, polanya kurang lebih sama hanya saja ada rintangan ufo yang lalulalang selalu mencoba menghalangi di  Warnet Simulator V2.2.1 sudah ada 12 pola  yang harus kita pahami dalam bermain basket tersebut.  kuncinya yang kalian harus pahami adalah lokasi jendela dan ring basket sebagai acuan apakah ada perubahan setiap update atau tidak, begitu pun dengan rumus yang ada dikonten ini kalian harus paham teori jendela dan ring basket tersebut. Kunci Jawaban Basket Alien Warnet Simulator V2.2.1 Indonesia :  12 Pola Basket Alien Warnet Simulator V.2.2.1  by Encek Cara Menggunakannya