KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA
#PART 2
41. Lampu yang menempel di kamera, biasa digunakan untuk peliputan berita dengan wilayah penyinaran terbatas adalah …..
a. Blonde
b. Pepper light
c. Daylight
d. Mounted lamps
e. Redhead
a. Blonde
b. Pepper light
c. Daylight
d. Mounted lamps
e. Redhead
42. Bones pada software 3 dimensi berfungsi …..
a. Mengatur animasi pada camera
b. Membuat animasi pada character
c. Menjalankan animasi
d. Merender animasi
e. Membuat efek animasi
43. Pada software 3D Max object dibawah ini termasuk kategori extended primitive, kecuali ….
a. hedra
b. capsule
c. hose
d. geosphere
e.prism
44. Media televisi, radio, cetak dan internet termasuk dalam kategori …..
a. Multimedia content production
b. Multimedia pra production
c. Multimedia pasca production
d. Multimedia Information
e. Multimedia communication
45. Gambar pada foto sesungguhnya adalah kumpulan dari ribuan titik-titik yang sangat kecil. Tiap-tiap titik tersebut memiliki warna tertentu dan bergabung dengan titik-titik yang lain sehingga membentuk suatu pola dan menghasilkan gambar. Hal di atas merupakan pengertian dari …
a. vector.
b. Bitmap.
c. Pixel.
d. Resolusi.
e. Intensitas.
46. Pixel pixel yang membentuk gambar tersebut memiliki warna warna tertentu dan jumlah warna yang boleh dimiliki oleh suatu gambar dinamakan
a. Vector
b. Intensitas
c. Resolusi
d. Bitmap
e. Pixel
47. Cara merawat kamera digital yang benar…..
1. hidari kontak langsung dengan matahari
2. hindari dari goncangan yang berlebihan
3. hindari goresan pada lensa
4. dekatkan dengan magnit
a. 1,2,3
d. 1,2,4
b. 1,2,3,4
e. 2,3,4
c. 1,3,4
48. Keilmuan K3 merupakan perpaduan dari multidisiplin ilmu antara ilmu-ilmu kesehatan, ilmu perilaku, ilmu alam, teknologi dan lain-lain. Manfaat kita mempelajari K3LH adalah...
a. Menciptakan kondisi sehat bagi pekerja
b. Menciptakan kondisi selamat bagi pekerja
c. Menciptakan iklim kerja bagi pekerja
d. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja
e. Menciptakan kondisi sehat dan selamat bagi pekerja
49. Proses pemilihan adegan dari sebuah klip yang kan digunakan dalam komposisi disebut …
a. Capturing
b. Trimming
c. Importing
d. Eksporting
e. Rendering
50. Dibawah ini adalah proses pada pre-production, kecuali…..
a. Revisi
b. Penuangan ide
c. Perencanaan produk
d. Perencanaan proses produksi
e. Penyusunan dokumentasi
51. Ukuran project DV – PAL adalah …..
a. 720 x 574
b. 320 x 240
c. 640 x 480
d. 720 x 480
e. 352 x 288
52. Pada sebuah software audio apabila ingin mengubah menjadi music acapella (hanya suara saja tanpa diiringi musik), langkah yang dilakukan adalah ….
a. mengubah center channel level menjadi minus
b. mengubah center channel level menjadi nol
c. mengubah center channel level menjadi plus
d. mensejajarkan channel level
e. mengurangi center channel level
53. Teknik keying digunakan untuk
a. merubah key fram
b. menggeser keyframe
c. memodifikasi keyframe
d. menambahkan key baru
e. menghilangkan warna yang tidak diinginkan
54. File berextensi .jpg maximum memiliki … warna
a. 256
b. 512
c. 8 juta
d. 16 juta
e. 32 juta
55. Berikut ini adalah komponen yang perlu diperhatikan dan dilibatkan dalam proyek, kecuali ….
a. menentukan biaya perawatan dan pengadaan peralatan
b. menentukan biaya tenaga kerja yang harus dikeluarkan
c. menentukan ada tidaknya peralatan yang akan dipergunakan
d. menentukan fasilitas yang digunakan oleh tenaga kerja
e. menentukan ada tidaknya tenaga kerja
56. Jika file berextensi .gif maximum memiliki warna …
a. 256
b. 512
c. 8 juta
d. 16 juta
e. 32 juta
57. Hot sangat jauh, menyajikan bidang pandangan yang sangat luas, kamera mengambil keseluruhan pandangan. Objek utama dan objek lainnya Nampak sangat kecil dalam hubungannya dengan latar belakang. Adalah pengertian dari..
a. MCU
b. LS
c. CU
d. Knee
e. Extreme CU
58. Fitur yang tidak termasuk dalam kelompok key adalah
a. chroma key
b. RGB difference key
c. luma key
d. screen difference key
e. multiply
59. Salah satu hasil paling penting dari management biaya proyek adalah ….
a. cost budgeting
b. sumber dana
c. manajemen biaya
d. estimasi biaya
e. sumber daya
60. Tiga animasi yang terdapat pada macromedia flash adalah..
a. motion tween, motion circle, motion shape
b. motion guide, motion shape, motion tween
c. motion shape, motion tween, motion resist
d. motion guide, motion shape, motion path
e. moiton vector, motion tween, motion flash
61. Berikut ini adalah komponen yang perlu diperhatikan dan dilibatkan dalam proyek, kecuali …..
a. menentukan biaya perawatan dan pengadaan peralatan
b. menentukan biaya tenaga kerja yang harus dikeluarkan
c. menentukan ada tidaknya peralatan yang akan dipergunakan
d. menentukan fasilitas yang digunakan oleh tenaga kerja
e. menentukan ada tidaknya tenaga kerja
62. Salah satu hasil paling penting dari management biaya proyek adalah ….
a. cost budgeting
b. sumber dana
c. manajemen biaya
d. estimasi biaya
e. sumber daya
63. Untuk memisahkan antara audio dan video yang telah di upload ke time line menggunakan perintah …..
a. klip + cut
b. sequence + delete
c. sequence + razor
d. clip + unlink
e. edit + cut
64. Untuk membuat video transparent agar nantinya dapat di combine dengan video lain maka yang dilakukan adalah …..
a. tata cahaya redup dengan background warna cerah
b. tata cahaya harus focus
c. tata cahaya harus merata dan menggunakan background warna hijau
d. tata cahaya harus merata dan menggunakan warna gelap
e. tata cahaya harus merata dengan menggunakan background warna terang
65. Berupa bulatan bola yang ditempeli dengan ratusan kaca dan tidak menghasilkan sinar. Alat tersebut dinamakan ….
a. flood halogen
b. fressnel
c. bohlamp
d. moving light
e. mirror ball
66. Yang dimaksud dengan back lighting adalah ….
a. sumber cahaya tepat berada di belakang object
b. sumber cahaya membelakangi kamera dan object
c. sumber cahaya membelakangi kamera
d. sumber cahaya diatas object
e. sumber cahaya membelakangi object cahaya menghadap kamera
67. Pada sebuah software audio apabila ingin mengubah menjadi music acapella (hanya suara saja tanpa diiringi musik), langkah yang dilakukan adalah ….
a. mengubah center channel level menjadi minus
b. mengubah center channel level menjadi nol
c. mengubah center channel level menjadi plus
d. mensejajarkan channel level
e. mengurangi center channel level
68. Tata cara penyusunan image yang benar, apabila kita menginginkan foto kita tidak tertutup dengan image lain adalah .....
a. meletakkan foto tsb pada layer teratas
b. meletakkan foto tsb pada layer teratas dan diberi warna yang cerah
c. meletakkan foto tsb pada layer terbawah
d. meletakkan foto tsb pada layer terbawah dan diberi warna yang cerah
e. semua jawaban salah
69. Ukuran project DV – PAL adalah …...
a. 720 x 574
b. 320 x 240
c. 640 x 480
d. 720 x 480
e. 352 x 288
70. Frame rate menunjukkan banyaknya deretan gambar diam dalam video yang dapat ditampilkan dalam suatu detik. Frame rate diukur dalam satuan …..
a. sps
b. fps
c. byte
d. dpi
e. line
71. Suatu teknik menggambar dengan cara memenuhi warna ke benda yang akan dijadikan model merupakan teknik …..
a. teknik arsiring
b. teknik pointiliring
c. teknik sapuan
d. teknik blok
e. teknik dussel
72. Pada prinsip dasar animasi, terdapat prinsip yang berfungsi membuat gambar dalam suatu aksi menjadi lebih meyakinkan atau lebih lucu dinamakan ….
a. archs
b. slow in and slow out
c. exaggeration
d. appeal
e. secondary action
73. Untuk mengubah parameter objek pada 3D Max adalah dengan perintah ….
a. material editor
b. modify
c. select and move
d. editing object
e. material editing
74. Animasi yang digunakan untuk membuat perubahan letak, warna dan ukuran disebut …..
a. shape tweening
b. motion
c. animation
d. shape motion
e. tweening motion
75. Perubahan bentuk suatu objek menjadi bentuk baru pada animasi 2D disebut ….
a. shape tweening
b. motion
c. animation
d. shape motion
e. tweening motion
76. Hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik drawing, lukisan, fotografi atau teknik seni rupa, disebut ….
a. dussel
b. sketsa
c. konsep
d. ilustrasi
e. brush
77. Suatu ilmu dasar kedesainan yang mempelajari dasar-dasar desain mengenai warna, bidang, bentuk, ruang dengan berbagai pendekatan kreatif eksperimentatif meliputi komposisi, irama, harmoni merupakan istilah dari ….
a. nirmana
b. estetika
c. perspektif
d. ilustrasi
e. sketsa
78. Apabila tinggi mata suatu benda/tokoh dianggap sejajar dengan lensa camera, posisi camera ini disebut …..
a. normal angle
b. low camera angle
c. eye level
d. high camera angle
e. subjective camera angle
79. Yang termasuk dalam kategori multimedia communication adalah …..
a. TV, radio, film
b. music, game, tutorial
c. radio, film, game
d. tutorial, film, music
e. film, music, wayang orang
80. Processor digunakan untuk....
a, maen game
b. lihat video
c. buka aplikasi
d. untuk render
e. sebagai otak dan pusat pengendali computer
Kunci Jawaban
41. D
42. B
43. D
44. E
45. C
46. B
47. A
48. E
49. B
50. A
51. A
52 C
53. E
54. D
55. D
56. A
57. B
58. D
59. D
60. B
61. D
62. D
63. D
64. C
65. E
66. A
67. C
68. A
69. A
70. B
71. D
72. C
73. B
74. E
75. A
76. D
77. A
78. C
79. E
80. E
.: Selamat Menikmati :.
NB : Pengen tau kunci jawabannya? silahkan komentar dibawah dengan email anda nanti saya kirim di waktu luang saya :) makasih.. jangan lupa untuk donasi klik iklannya 1x ya^_^
Mantap, terimakasih atas ilmunya
BalasHapussama sama sob :)
Hapus